03.13
0
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan memangkas kuota jamaah haji 2013. Langkah ini menyusul penyempitan lokasi dampak megaproyek perluasan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Menteri Agama Suryadharma Ali, ditemui Republika usai meresmikan Madrasah Nurul Ikhlas Legok Widara, Drangong Taktakan Serang, Banten, kemarin, Senin (11/6), mengaku telah menerima surat pemberitahuan pemangkasan resmi dari Arab Saudi.

Jumlah kuota yang akan dipangkas berkisar 20 persen dari total kuota jamaah haji Indonesia tiap tahunnya, yaitu 211 ribu jamaah.

“Sekitar 42 ribu jamaah,” kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini.  Pihaknya belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut.

Namun, Ia menegaskan pemerintah RI akan berupaya melakukan lobi ke Arab Saudi, minimal kuota tersebut tetap dan tidak dikurangi.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Musthafa bin Ibrahim al-Mubarak, kepada Republika akhir pekan lalu, secara eksklusif menyebutkan pengurangan kuota tersebut berlaku untuk semua negara. Tak terkecuali Indonesia.

“Pembatasan bersifat umum,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar